Sabtu, 04 Juni 2011

CARA UNTUK MENJADI ENERGIK

Pengertian energik, menurut Kamus Bahasa Indonesia (Tim Prima Pena ) adalah bersemangat, berapi-api, berkemampuan penuh. Orang yang energik adalah orang yang penuh vitalitas, orang yang tidak kenal lelah dan orang yang sungguh-sungguh ingin merealisasikan tujuan hidupnya yang baik.

Orang-orang sukses dalam hidupnya adalah karena adanya energik. Di bidang apa saja yang kita jalani harus selalu dilaksanakan dengan penuh semangat. Sebagai pegawai di kantor pemerintah atau swasta, sebagai guru di lembaga pendidikan, sebagai pedagang, sebagai petani, dan sebagainya, harus dilaksanakan dengan penuh gairah dan semangat yang tinggi. Secara bertahap harus selalu beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja yang ditekuni, meskipun yang dihadapi terdapat bermacam sifat dan karakter.

Faktor yang menyebabkan orang mempunyai energik adalah karena mulai dari awal dalam bekerja berusaha untuk menyenangi pekerjaan yang ditekuni. Beradaptasi dan menyenangi pekerjaan tersebut itulah yang mendorong seseorang mempunyai energi yang tidak habis-habisnya.

Perasaan senang tidak hanya ditujukan kepada pekerjaan yang kita tekuni, tetapi ditujukan juga kepada segala kegiatan sehari-hari. Misalnya, pada waktu kita menunggu istri yang sedang berbelanja di pasar, menunggu atau antri pada waktu mengambil gaji, menunggu di loket bus atau kereta.  Dengan perasaan senang terhadap sesuatu, akan timbul semangat dan penuh energik.

Lawan kata energik adalah kelelahan, tidak mempunyai semangat. Orang yang kurang menyenangi pekerjaannya, dikerjakan secara terpaksa, tidak mempunyai energi sama sekali, sehingga hasil yang diperoleh tidak mencapai target yang sudah ditentukan.

Jadi apapun yang kita kerjakan, harus berusaha menyenangi pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita. Kita tidak merasa mempunyai beban, yang pada akhirnya mempunyai semangat kerja yang penuh dengan
energik, sehingga kesuksesan yang kita peroleh.

2 komentar:

  1. betul juga apa yang bapak katakan bahwa kita perlu mencintai pekerjaan agar terasa enteng untuk dilakukannya.

    Motivasi yang bermanfaat pak.

    BalasHapus